Bongkar Mesin Honda Grand
Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan sampai ke tujuan.
Dah banyak yang ngomongin motor-motor terbaru, beserta kelebihannya, tapi masih banyak yang pake bebek bahkan yang dah uzur. Oleh karena itu ane mau coba bahas apa yang beberpa kali ane kerjain yaitu bongkar pasang mesin honda grand. Mungkin dah banyak juga yang bahas, tapi dari pada gak nemu-nemu dimana kemaren dibuka, mudah-mudahan artikel ini bisa bantu.
Ada beberapa tahap yang dilakukan sebelum bongkar mesin :
- motor kalo bisa punya sendiri dan ada motor cadangan,
- alat-alat memadai, kunci, wadah
- terlindung dari tangan jahil anak-anak kecil,
- sediain sperpart yang kita perkirakan harus diganti, misalnya ; sealer, seal klep, obat skur klep, oli baru, bensin buat cuci-cuci, sabun colek buat cuci tangan dan lain
- buat motor yang masih ada fairingnya, ya dicopotin dulu, ati-ati jangan sampe ada lidah yang putus, mur yang hilang dll
Langkah 1 : bongkar/copot bagian yang melekat pada mesin, footstep depan, busi, knalpot, karbu dan dudukan firing
untuk knalpot baut di footstep blakang dilepas duluan, baru baut di
head. untuk yang head mesin harus dingin. Nyopotin kenalpotnya agak
susah, harus bermanuver karena dibatasi oleh pedal rem blakang.
untuk karbu, kendorkan dulu klem yang menghubungkan karbu dgn box
filter-dorong filter ke depan sampe copot dari karbu, geser clip
diselang bensin dekat kran bensin, copot selang besin sumpel dengan
obeng, copot throttle dengan memutar2 kekiri sampe lepas-tarik ke atas
perlahan. Terahir lepas baut yang menghubungkan karbu dengan
manifold/leher-angsa, karbu dah copot, hati dengan sil karbu.
Langkah 2 : Copot Head
Sebelum mencopot head, buka tutup magnet dan lobang intip top-putar magnet ke kiri untuk mencari posisi top piston,
Kemudian lepas tutup timing gir dengan melepas bautnya yang ada di sebelah kanan head, tampak pada gambar di bawah ini
lepaskan tutup timing gir di sebelah kiri ,
lepas 2 baut pengikat gir timing dengan noken-as, kemudian lepaskan
gir dari rante kamprat. Kalo perlu keluarkan oli mesin dan kalo perlu
lepas/kendorkan baut pembuangan oli tensioner, crankcase kiri bawah,
agar rante keteng kendor.
lepas 1 baut pengikat head dengan blok-di kiri, lepas 4 mur beserta
ringnya pada head, ati ada ring tembaga untuk bagian jalur oli.
Dah head bias dicopot dengan sedikit mencongkel pake obeng/biasanya kalo baru sekali dibongkar suka keras.
Langkah 3 : copot blok silinder mesin
Lepas baut yang mengikat blok dengan crankcase, lepas baut pengikat roller tensioner-lepas tensioner.
Blok dah bisa dicopot dengan sedikit mencongkel dengan obeng.
Langkah 4 : Melepas piston, kalo diperlukan
lepas 1 ring-klip pengganjal pen piston, dorong pen keluar, dan piston dah copot dari stangnya.
Semoga berguna mohon ma’af kalo ada salahnya, bagi para suhu bengkeler mohon koreksinya demi pencerdasan otomotif kita.
Sumber:motogokil.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar